Cara Memproteksi Android dari Virus MMS Stagefright

Akhir-akhir ini muncul berita mengejutkan soal kemanan android yang terancam oleh infeksi virus berbentuk pesan teks bergambar, yang membuat hacker dapat mengambil kontrol penuh pada sebuah ponsel. Hal ini tentunya sangat mengerikan bagi para pemilik ponsel atau tablet Android. Sebelum kamu panik, inilah cara memproteksi Android dari virus MMS Stagefright.

Cara Menangkal Virus Berbentuk Pesan Teks pada Android


Para analis telah mencatat bahwa walaupun terdapat sebuah patch pada sistem android, dikenal sebagai Stagefright dan beberapa dari 950 ponsel diberitakan mudah terserang oleh virus ini, berbagai ‘rasa’ dari Android dalam penggunaannya dan kebutuhan baik itu bagi operator ponsel dan pembuat ponsel untuk memasukan berbagai pembaruan perangkat lunak membuat mustahil Google untuk secara otomatis memberikan patch pada seluruh pengguna Android.  

Mereka yang menggunakan handset tua akan lebih susah untuk mendapatkan patch.

Cara memproteksi Android dari virus MMS Stagefright

Ubah aplikasi pesan default pada Android
Langkah pertama:
  • Terdapat dua cara  untuk mengakses perubahan plihan pada aplikasi pesan default di Android. Pertama yaitu dengan membuka pengaturan aplikasi di ponsel, lalu pilih More under Wireless & networks, dan terakhir tap Default SMS app.
  • Cara kedua dalam mengakses pilihan ini yaitu melalui Hangouts itu sendiri. Buka aplikasi dan tap ikon tiga garis vertikal  pada kiri atas layar untuk mengakses pilihan, lalu pilih Settings -> SMS -> SMS enabled.
Langkah kedua:
  • Jika Hangouts terlanjur dipilih menjadi aplikasi pesan default, sebagai gantinya pilih Messaging atau Messages atau berbagai pilihan lain yang kamu dilihat disini. Jika kamu tidak melihat plihan selain Hangouts lanjut ke langkah 3.


Langkah ketiga:
  • Jika kamu tidak mempunyai sebuah aplikasi pesan alternatif pada ponsel, kamu bisa mendownload dari Google Play, atau kamu bisa menon-aktifkan kemampuan Hangouts yang secara otomatis memulihkan kembali pesan multimedia.


logoblog

0 Response to " Cara Memproteksi Android dari Virus MMS Stagefright "

Posting Komentar